Goes to Bogor…


ptppo2

Sebuah momen yang tak pernah kulupakan…

Adalah Lokakarya Pembuatan Buku Saku UU No.21Tahun 2007 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan (KPP) RI, bekerjasama dengan PLAN. Dibuka secara formalitas oleh kepala Deputi Perlindungan Anak KPP (kalo gak salah sih..๐Ÿ™‚ kegiatan dimulai pada tanggal 24 Juni 2008 di Ruang Sidang Cendrawasih, Safari Garden Hotel ****,Cisarua, Bogor.

Tapi, sebelum masuk acara, perjalanan yang kami tempuh menuju Bogor tidak bisa dikatakan biasa-biasa aja! Oke. Flash back ke hari sebelumnya. Senin, 23 Juni 2008, aku, adik dan mama bertolak dari Malang menuju Surabaya dengan kereta ekonomi. Haha… Buat railfans kayak aku, lebih baik berdiri di KA Ekonomi daripada duduk di Bus Eksekutif (syarat berlaku sesuai jarak tempuh yang dilalui). Kami bermalam di rumah pakde di daerah gubeng. Sempet booking taxi buat ke bandara, tapi dicancel. Soalnya masih bingung, mau nyegat taxi di depan rumah pakde atau ke wonokromo dulu (maklum, biaya argo taxi harus diperhitungkan! hehe).

Akhirnya, setelah dapet taxi warna oranye di daerah gubeng, kami menuju Bandara Juanda dengan kecepatan tinggi. Hoho.. Ternyata Tol menuju bandara lengaaanng…banget! Sumpah, jalan tol paling sepi yang pernah kulihat! Nyampe di bandara jauh lebih cepat dari perkiraan. So, kami jalan-jalan dulu, minum di cafe bentar, trus ngeliat pesawat yang lagi take off dari lantai 2 (Gak tau namanya apa). Setelah menunggu cukup lama, pembinaku, Pak Tri dan peserta lain perwakilan Jatim dateng. Langsung aja kami masuk ke Boarding Pass. Sempet nagntri bentar pas boarding, and sempet banget aku kagum sama managemen bandara yang super rapi dan bersih +elegan. (Coba stasiun kereta api kayak gitu…)

Beberapa menit setelah duduk di seat pesawat Wings Air, pramugari langsung bertugas dengan gayanya yang khas sembari pesawat bersiap mau lepas landas. Hmm… Waktu itu aku seneng + penasaran, coz it was my first flight. Ternyata sensasi yang cukup tidak menyenangkan melanda selama proses take off, tapi begitu mengangkasa, sensasi menyenangkan akhirnya melanda! Gumpalan kapas menyerupai awan, berderet-deret genteng yang keliatan kecil banget, juga birunya selat madura sempet mengagumkan pandanganku.

At Soekarno Hatta Airport

At Soekarno Hatta Airport

Setelah terbang selama 1 jam 45 menit (solnya pesawat kami ngantri runway di Bandara Soeakarno Hatta, so kami terbang muter hampir ke Palembang,begitu kata pramugari). Rombonganpun langsung naek bus damri bandara menuju Bogor, meskisempet terjebak sama demonstrasi di depan gedung DPR, yang akhirnya memakan waktu sekitar 2 jam menuju Bogor!). Namun, sesampainya terminal Baranangsiang Bogor, penat-penat terobati seketika saat kami menyantap hidangan sayur asam bogor + ayam goreng.

So, sesampainya di hotel, langsung check in dan menuju kamar masing-masing yang jaraknya berpuluh-puluh meter. Maklum, hotelnya persis kayak taman safari, bentuk cottage-cottage gitu lah.

my-deluxe-bed

Nah,setelah makan malam, kembali ke atas tadi, acara dibuka trus langsung perkenalan. Ada Bang Fani ma mbak Suci dari Aceh, ada juga dari Jakarta, Bogor, Sukabumi, Cirebon, Solo, Semarang, Tulung Agung, Probolinggo sampai NTB. Karena mEmang beberapa peserta mewkili Forum Anak dari kotanya masing2, bukan perwakilan propinsi. Kegiatan yang sangat menyenangkan kami lalui selama tiga hari. Diskusi, presentasi,sharing, bermain, belajar, menggambar, bercerita, menyanyi dan sejuta pengalaman berharga lainnya kami dapatkan selama tiga hari itu. Di hari ketiga, kami menyusun buku saku Anti Trafiking untuk anak. Sedangkan para pembina menyusun buku saku untuk orang dewasa.

Tak terasa, hari Jumat, tanggal 26 Juni kami bersiap check out, pulang ke rumah masing-masing. Panitia sebenarnya mengajak peserta mengunjungi Taman Safari pagi harinya, tapi rombonganku, yang dipimpin Pak Pri, memutuskan gak ikut, dengan alasan : takut ketinggalan pesawat! Huh…. ;(

Sempet hunting oleh-oleh sekalian sholat jumat dulu. Trus akhirnya nyampe bandara, kesialan melanda. Pesawat kami, Lion Air di-delayed. Waduh..akhirnya nunggu sejam di waiting room. Untungnya, pesawatnya lumayan. Suguhan gemerlap Jakarta di malam hari ketika kami take off, memberi kesan tersendiri. Penerbangan selama sejam bikin aku kecewa, karena waktu berjalan terlalu cepat buat aku. Biasa naek kereta dari Jakarta-Malang selama 16 jam, eh… perjalanan jaakarta-Surabaya cuman sejam. Tapi perjalanan kedua dengan pesawat ini benar-benar comfort. Jauh lebih nyaman daripada penerbangan perdana.

Ya udah deh, nyampe Juanda, langsung naek Bus Damri ke Bungurasih (Coz dah nggak ada kereta yang ke malang), so aku naek bus patas ke Malang. Pulang ke rumah dengan membawa sejuta kenangan indah.

Sejuta pengalaman berharga yang tak pernah terlepas dari benak ini…

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on June 26, 2008, in My Life. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

ISA Study Abroad Student Blog

The World Awaits...Discover It.

MP3.com

Free music downloads, radio, lyrics, songs, and playlists

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~

%d bloggers like this: