Sebuah Perjalanan ke Jogja


stsiun-tugu_jogjaAkhirnya, rasa penasaran itu terobati juga.
Setelah sekian lama aku menanti datangnya tanggal 24 November 2008, tak terasa, sugguh tak terasa, hari itu akhirnya datang juga. Bahkan disaat yang tidak tepat. Hari itu datang disaat hujang deras yang mengguyur Kota Malang, bahkan beberapa jalan protokol tergenang banjir sekitar 3 – 5 cm! Di siang hari yang seharusnya terik menyengat, tetes-tetes air yang deras menghujam ke bumi . Kepergianku menuju Yogyakarta, (keberangkatan perdana dengan KA Gajayana yang gerbongnya baru) terpaksa diiringi oleh suramnya cuaca kota Malang yang mendung.
Satu hal yang menarik, PT Kereta Api (Persero) ternyata punya toleransi kemanusiaan, dimana seharusnya KA Gajayana yang aku naiki berangkat pukul 16.25, sengaja diberangkatkan pukul 16.30 dengan alasan, toleransi penumpang akibat hujan deras! Haha… Okelah, kalo secara kemanusiaan, jempol dua aku berikan buat PT KA, tapi secara managerial, 5 menit keterlambatan KA dengan sengaja,-jujur aja- sungguh hal yang memalukan buat aku. Disaat moda transportasi sedang bersaing ketat untuk memberikan kinerja terbaiknya, sedikit kelengahan perlu diperhatiin. Kalo aku jadi PPKA Stasiun Malang waktu itu, kayaknya toleransi 5 menit gak perlu deh, lagian aku lihat, 5 menit itu sia-sia belaka, karena semua penumpang sudah ada di kereta. Tapi, sekali lagi, ini hanya opiniku aja.

new_interior gajayana
Perjalanan selama sekitar 7 jam, serasa hanya 7 menit. Bagaimana tidak, aku benare-benar merasakan sensasi paling menyenangkan selama naik kereta eksekutif dalam hidupku. Jatah tuslah makan dari pramugari, cukup memuaskan. Nasinya gak keras, sayurnya lumayan, ayamnya juga enak. AC yang biasanya menyiksa penumpang karena dinginnya setengah mati, ternyata malah memberikan kenyamanan tersendiri, alias gak dingin banget. Automatic parfum yang menyala,memberikan keharuman menawan disela-sela temaramnya malam waktu itu. Namun bagaimanapun juga, tak ada yang sempurna dalam hidup ini. Dua hal yang aku sayangkan waktu perjalanan ke Jogja adalah, yang pertama yakni satu buah pintu geser otomatis gak berfungsi, gara-gara belum ada tombolnya, yang kedua, aku duduk di belakang, jadi gak bisa nikmatin dengan leluasa tayangan KATV yang saat itu sepertinya gak terlalu menarik buat aku-padahal biasanya KATV menyuguhkan tayangan yang menarik, klip lagi-lagu yang enak dan film yang bermutu. Tapi, sensasi yang paling enak dan nyaman yaitu ketika kereta melewati daerah Solo,menuju Jogja. Gila, aku sempet gak percaya, bahwa kereta yang aku naiki itu gak ada sedikitpun goncangan! Jalannya mulus layaknya sedan mewah yang meluncur di jalan tol! Maklum, ternyata track antara Solo dan Jogja emang baru dan kualitasnya oke. Setiap lewat sambungan antar rel, tak ada bunyi “jeg…jeg…” kayak biasanya.

Jadi, bener-bener mulus. Apalagi didukung sama bogie kereta yang emang oke alias meredam gonjangan. Ditemani alunan lagu ’apologize ’dari One Republic, sensasi itu itu tak perenah terlupa. Di gerbong itu, aku juga sempet ketemu Mbak Ratih, guru piano paduan suara waktu SMP, sempet beli Kopi Susu hangat seharga Rp7000, namun gak sempet beli bistik yang udah aku incer dari beberapa hari sebelumnya. Satu hal yang bikin aku bangga adalah ternyata kereta Gajayana nyampe Stasiun Tugu Jogja ontime jam 23.33! Padahal berangkatnya telat 5 menit, dan si Madiun berhenti kelamaan! Sebagai seorang railfans sejati, aku benar-benar bahagia malam itu. Malam 24 September, yang membawaku ke sebuah kota impian dengan sebuah kereta idaman. . .

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on November 24, 2008, in My Life. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

ISA Study Abroad Student Blog

The World Awaits...Discover It.

MP3.com

Free music downloads, radio, lyrics, songs, and playlists

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~

