we are the champion…


piala

”Jangan pernah mentarget untuk menjadi pemenang, tapi tergetlah untuk memberikan penampilan yang terbaik, karena seorang pemenang belum tentu yang terbaik, namun penampilan terbaik (insyaAllah) menjadi pemenang”, kata-kata Mas Adit selalu terngiang.

Mas Adit, seorang mahasiswa Fakultas Hukum UB yang menjadi pelatih Teater SETIA SMAN 4 Malang. Mas Adit, sosok manusia yang membuat aku banyak belajar juga tentang kehidupan. Belajar. Lagi-lagi belajar. Yah, memang, tak ada kurun waktu yang pasti untuk berhenti dari kata “belajar” . Begitu banyak hal yang harus dipelajari dalam kehidupan ini. Belajar tuk mengerti, belajar tuk memahami, belajar tuk mengalah, dan belajar-belajar lainnya. Begitu banyak misteri, lorong-lorong rahasia, begitu banyak lekuk-lekuk dan jurang-jurang yang tak pernah kumengerti dan selalu kutemui dalam kehidupan ini. Meski baru 15 tahun aku hidup didalamnya, namun jujur dan pasti, aku benar-benar penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang arti sebuah ’kehidupan’. Bukannya sok puitis atau apa, aku benar-benar kelabakan dan dibuat pusing tentang dilema kehidupan. Tak tahu harus gimana. Mungkin ini adalah salah satu faktor ’pencarian jati diri’ mengingat masa-masa remaja yang kujalani saat ini. Walah, jadi ngelantur tentang kehidupan.

Kembali ke Mas Adit, aku emang aktif di Teater mulai SMP. Berawal dari Teater ’Tunggal’ SMPN 1 Malang, yang akhirnya bikin aku ketagihan tuk mendalami lebih jauh tentang dunia teater. Dua prestasi teater di SMP, Juara 1 Monolog Putra Se-Kota Malang + Juara II Sosio Drama Anti Trafiking SMP-SMA Se-Kota Malang (aku yang jadi sutradaranya!) membuat aku merasa  cocok di ekskul teater. Namun ternyata Teater di SMA ternyata jauh lebih sulit daripada apa yang kubayangkan. Kalo boleh jujur, bener-bener menyita waktu dan tenaga. Tapi aku enjoy dengan semua itu. Toh, hasilnya juga nampak di akhir waktu. Hasil jerih payah, perjuangan latihan meski dengan tumpahan air mata dan pertengkaran kecil-kecilan dengan kakak kelas, meski mengorbankan jam pelajaran hanya untuk latihan teater yang ngebut, toh kini manisnya hasil yang kami dapat bisa dirasain bareng-bareng. Predikat Juara III Teater dalam Pekan Seni Pelajar Se-Malang Raya cukup membanggakan. Padahal latihannya cuman 2 hari, tokoh-tokoh dan karakter pemainnya pun bener-bener baru, maklum hampir 80% kru dan pemain adalah anak kelas X. Sebuah pementasan berjudul ”SEMUT” telah tersajikan di panggung pertunjukan. Meski tanpa setting dan persiapan ala kadarnya, dengan kualitas akting dan performa maksimal yang kami bisa, kami akhirnya kembali mempersembahkan satu buah piala untuk sekolah tercinta. STETSA tercinta.

Tak sampai dua bulan berlalu, Teater SETIA berhasil memberikan tiga trophy sekaligus untuk sekolah tercinta. Dan dalam setiap kompetisi itu, banyak hal yang kami peroleh dan kami pelajari. Lebih dari sekedar bagaimana bermain teater yang baik, namun tentang memahami arti kehidupan sesungguhnya…

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on December 20, 2008, in My Life. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. hohoho.
    neh aqu kasi’ kumend…

    yancrud blog.x kakyu’ seh bhasana…
    hohoho bahasa abeez dah.

    visit my blog ea kpn2!!
    hohooooooho

    cheers,
    ki2.x1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

ISA Study Abroad Student Blog

The World Awaits...Discover It.

MP3.com

Free music downloads, radio, lyrics, songs, and playlists

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~

%d bloggers like this: