Child Bullying (again!)


Kapanlagi.com – Jumat, April 17

kak-seto

Kekerasan terhadap anak baik kekerasan dalam bentuk fisik, psikis dan seksual terus mengalami peningkatan hingga 50% setiap tahunnya, hal ini pula yang rupanya membuat Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak, Seto Mulyadi merasa prihatin.

“Dari tahun 2006 hingga sekarang, kekerasan terhadap anak itu cenderung meningkat hingga 50% setiap tahunnya,” ungkap tokoh yang akrab dipanggil Kak Seto itu, di Cimahi Convention Hall, Jawa Barat, Kamis (16/4).

Ia mengatakan, meski pemerintah telah membuat Undang-undang Perlindungan Anak, namun hal tersebut tidak dapat menekan angka kekerasan terhadap anak di Indonesia. “Undang-undang perlindungan untuk anak memang sudah ada, namun implementasinya bisa dikatakan masih berjalan alot,” jelasnya.

Angka kekerasan terhadap anak yang terjadi di Indonesia, kata Seto, diibaratkan seperti sebuah fenomena gunung es. Menurut dia, salah satu pelaku dari kekerasan terhadap anak ialah orang terdekat dari si anak tersebut, seperti saudara atau orang tuanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap supaya pemerintah, masyarakat dan media massa saat ini mau membuat sebuah gerakan yang menyatakan stop terhadap kekerasan anak. Melalui gerakan stop kekerasan terhadap anak ini, pihaknya ingin mempertegas bahwa kekerasan terhadap anak termasuk ke dalam sebuah tindakan pidana.

Sementara itu, selama kurun waktu Januari hingga Juni 2008, Komnas Anak mencatat sebanyak 21.872 anak menjadi korban kekerasan fisik dan psikis di lingkungan sosialnya.

“Jika kondisi dibiarkan begitu saja tanpa upaya serius mengatasinya, dikhawatirkan negeri ini bisa kehilangan satu generasi,” tandas psikolog tersebut. (kpl/bar)

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on April 17, 2009, in My Life. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

ISA Study Abroad Student Blog

The World Awaits...Discover It.

MP3.com

Free music downloads, radio, lyrics, songs, and playlists

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~

%d bloggers like this: