One Big Day


hari ini, hari jumat. Hari besar umat islam sedunia.hari dimana sekolah-sekolah pulang jam 11 karena para kaum adam akan melaksanakan sholat jumat.

namun sebelum sholat jumat, rangkaian kisah bermakna aku alami hari ini, Untuk kesekian kalinya..

Bangun pagi lebih pagi dari biasanya, (jam 5 kurang 10 menit)
Trus berangkat skulah, jam pertama pelajaran BK.

logo ugm
Bu tina, sang guru BK menjelaskan tentang seleksi masuk ke Perguruan Tinggi, menjelaskan jalur tes dan non tes. Mulau persyaratan dan langkah-langkah untuk menuju PTN. Deg!! Aku ngerasa rapotku ancur, meski aku yakin bisa diperbaiki, dan aku semakin YAKIN untuk memilih jurusan IPS. Apalgi reputasi SMA 4 utk jurusan IPS sangat BAIK. (Kata bu tina, jurusan IPS Stetsa paling ditunggu sama UB) dan meski aku gak pengen masuk UB, aku laebih optimis bisa jadi anak ‘pinter’ di kelas IPS. (Amiienn….) Aku udah bertekad, bahwa dengan jurusan IPS, aku akan mengejar mimpiku menuju UGM dengan masuk jurusan Ilmu Komunikasi. Amien.. (lagi)

Jam kedua Fisika, tapi gurunya gak ada. Karena jam 9 mau ada acara sosialisasi hak anak dari Lembaga Perlindungan Anak Malang (LPA), jadi aku sama temen-temen OSIS mempersiapkan segalanya..
Dan LUaR BiaSa sekali, sosialisasi yang di fasilitatori mas achoen bener-bener bagus, daet respon postitif juga dari temen-temen. Apalagi mas achoen sempet nayangkan video motivator untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang hanya dirangkai melalui tulisan di atas kertas.. aku jadi makin bernapsu untuk lebih merangkai dan lebih serius menekuni target dan mimpi-mimpiku mendatang. (Smangat!!)

Selesai sosialisasi, aku langsung ke Bakso Rambutan, rapat bareng fasilitator plus Pak Agung. Kami bicarakan tentang agenda DPA dan LPA yang terdekat, juga tentang agenda unicef n LPA Jatim yang agak belum jelas. Trus aku jumatan di Stasiun,yang sempet nunggu kedatangan kereta malang ekspress, dan menikmati sensasi datangnya kereta api dari jarak dekat. Sensasi yang dulu selalu aku suka waktu aku masih kecil, ketika aku menunggu datangnya kereta dengan digandeng tangan lembut mama.. Ketika aku mulai menanamkan benih kecintaan kereta diantara lembut kasih sayang mama…

Duh, jadi inget masa lalu yang indah…

Trus aku balik ke skolah, nyari kartu pelajarku (yang dibawa temen-temen), tapi tetep gak ketemu.

Aku melajukan motor cukup kencang menuju Perpus Umum, dan menjemput Riri dkk, bertolak ke Rumah Sakit Unisma. Loh??! Bukan untuk tes kehamilan, tapi untuk tes dan konseling AIDS. Kami sengaja diundang mbak viru (aktivis waria n miss condom indonesia) untuk konseling dan tes HIV sukarela. Banyak banget pelajaran yang kami ambil. Mulai stigma msyarakat tentang eksistensi waria, tentang bahaya AIDS, tentang problematika sosial bangsa Indonesia, bahkan sampai ke hadist rasul dan hukum al-Quran!! (Mbak viro ternyata ngerti tentang hadist segala, dan dia hari ini berjilbab!!) Dan setelah sharing banyak sama mbak viro, hasil tes udah keluar. Lumayan nderedek, meski aku yakin 99,999%, hasil tes kami NEGATIF. Dan memang benar! Kami emang BELUM pernah melakukan hal beresiko.. Dan semoga, virus HIV tak kan pernah tertarik singgah di tubuh kami.. Amienn…

vctNgomongin soal VCT, stigma masyarakat tentang konseling HIV, masih salah besar. Banyak orang mengaggap, bahwa VCT hanya membuang waktu dan buat orang-orang yang emang udah keliatan banget kalo kena AIDS. Dan ini SALAH. Faktanya, banyak penderita AIDS (ODHA) yang terlambat mengetahui bahwa dia kena AIDS. Dia tahu terlambat, jadi udah stadium 3 , dia baru dapet perawatan. Dan ini FATAL. Harapan hiduo yang seharusnya bisa lebih panjang bila ia VCT jauh hari, jadi ilang gitu aja.. Bagi anda yang merasa pernah melakukan kegiatan beresiko, silakan VCT Sukarela (GRATIS!).Kegiatan beresiko itu antara lain : Berhubungan Seksual, IDU (Injection Drugs User, Memakai jarum suntik narkoba bergantian), dan tranfusi darah.

Pulang dari VCT, HP Riri ilang. Waduh, aku ikut berduka cita, dan ngerasa nggak enak.. I’m sorry to see this…

Yang pasti, aku CAPEK dan SENENG. Seneng bisa dapet banyak inspirasi dan pelajaran berharga.. Moga hari besok jauh lebih indah..

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on May 8, 2009, in My Life. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

ISA Study Abroad Student Blog

The World Awaits...Discover It.

MP3.com

Free music downloads, radio, lyrics, songs, and playlists

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~

