Sebuah Debat Hukum


hukumHari ini, untuk pertama kalinya dalam hidupku, aku mengikuti sebuah kompetisi Debat. Yah, meski debat udah gak asing buat aku, tapi aku baru kali ini lomba debat. Apalagi Debat Hukum. Kami, (aku, mas budi alias galang dan afif) yang jadi Team 1 SMA 4 dan juga mas dan mbak kelas XI yang jadi team 2 SMA 4 ditunjuk sekolah buat ikut Lomba Debat Hukum Tingkat Malang Raya di Universitas Merdeka. Semaleman aku ngeprint semua Undang-Undang yang berkaitan dengan pokok bahasan kami besok,(UU nya aku download dari internet) dan UU itu adalah :

1. UU Korupsi No.20 Tahun 2001
2.UU Pornografi No.44 Tahun 2008
3.UU Perdagangan Manusia, No.21 Tahun 2007
4.UU Pelayanan Publik

dan semalaman aku belajar keempat undang-undang itu plus UUD 1945! Aku seneng banget emang, kalo udah bicara masalah hukum, tapi dengan persiapan minim seperti ini, cukup memusingkan otak, apalagi banyak banget hal yang harus aku kerjakan, banyak banget tugas, tanggung jawab dan kewajiban yang harus aku kerjakan, akhir-akhir ini. Apalagi dengan statusku sebagai Ketua DPA, yang saat ini lagi sibuk-sibuknya ngurus aplikasi kesana kemari dan ngurusin segala tetek bengeknya, belum lagi lomba teater se-jatim dan laen-laen..

Meski tadi malem udah belajar nyampe jam 23.35, tapi kenyataan membuktikan bahwa di panggung, entah kenapa aku jadi dikit blank dan lupa beberapa hal yang aku pelajari semalem!! haha.. tapi untung,,performance kami gak seburuk yang kami kira,, dan apa yang kami takutkan pun tiba!! Sebagai Team pertama, yang berarti kami harus tampil dan ngomong pertama (padahal belum pernah lomba debat sekalipun!) dan topik yang kami dapatkan dari undian adalah UU Korupsi (yang gak kami kuasai!). Kedudukan kami saat itu adalah Pro dengan Pemberantasan Korupsi di Indonesia yang semakin baik. Dua team kontra dari MAN 3 Malang. Sesi pertama selesai, dan akhirnya pengumuman team yang masuk final..

Meski pede banget masuk final, namun kenyataan berkata laen. Kami gak berhasil masuk final karena emang di Sesi ketigalah, perdebatan berlangsung sangat menarik. Dan ketiga team di sesi tigalah yang jadi finalis. Duar!! Jujur,aku kecewa berat!! bayangan piala yang berhasil kami bawa dengan uang pembinaan menggiurkan pupus sudah di depan mata. Tapi, well, inilah kompetisi. TOh, aku juga mengakui kekurangan kami dalam perforamance dan penguasaan materi yang kurang.
Tapi, suasana yang nyaman di Ruang PPI Univ.Merdeka MAlang, dengan penataan hall standar nasional yang elegan dan menyenangkan, plus hiburan musik dari BBB (Bukan Band Biasa) bisa menghibur kekalahan kami. Apalagi makan siangnya Ayam Bakar Wong SOlo. Hehe…
unmer
Aku jadi ingat kata seseorang, “Semakin kita sering melalui sebuah kekalahan, semakin kita tahu cara menempuh sebuah kemenangan…”

Hikmah hari ini>> Hukum di Indonesia, harus ditegakkan!๐Ÿ˜€

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on May 12, 2009, in My Life. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

ISA Study Abroad Student Blog

The World Awaits...Discover It.

MP3.com

Free music downloads, radio, lyrics, songs, and playlists

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~

%d bloggers like this: