PERAN DPA MALANG DALAM PERLINDUNGAN ANAK DI KOTA MALANG


http://www.pemkot-malang.go.id
02 / 07 / 2009

Berdasarkan Program Nasional Bagi Anak Indonesia (PNBAI) 2015 yang merupakan perwujudan dari UUD 1945, khususnya pasal 28 b dan c yang menyatakan bahwa Anak Indonesia adalah tunas, potensi, dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa Indonesia, yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus. PNBAI 2015 juga merupakan bentuk penerapan dan Konvensi Hak-hak Anak (Convention on the Rights of the Child) yang juga telah menjadi komitmen pemerintah Indonesia.

Dalam peran sertanya untuk mewujudkan program pemerintah pusat, Pemerintah Kota Malang melalui BKBPM Kota Malang telah membentuk Dewan Perwakilan Anak (DPA) Kota Malang yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan anak di kota Malang. DPA Malang memiliki tanggung jawab mengkampanyekan dan mensosialisasikan hak anak di kota Malang. Sejak mulai berdiri hingga saat ini DPA Kota Malang telah melaksanakan berbagai event, baik dalam lingkungan internal maupun kegiatan besar yang melibatkan banyak pihak diantaranya adalah Lomba Majalah Dinding 3 Dimensi, Temu Anak se-Malang Raya, Outbond Peningkatan Kerjasama Pengurus DPA, serta banyak melakukan kampanye dan sosialisasi hak anak di sekolah dan di masyarakat.

Menurut Dra. Hj. Mutmainnah Mustofa, M.Pd dari Pusat Studi Wanita (PSW) Universitas Islam Malang pada kesempatannya sebagai narasumber di acara Sosialisasi Perlindungan dan Rehabilitasi Anak di Ruang Sidang Majapahit pada Rabu tanggal 1 Juli 2009, untuk meningkatkan tumbuh kembang anak dan mewujudkan terciptanya perlindungan anak di segala bidang kehidupan, Pemerintah beserta masyarakat harus dapat menciptakan dunia yang layak bagi anak (World Fit for Children โ€“WFC). WFC dapat diwujudkan melalui 2 hal sebagai berikut:
1. Mengembangkan potensi anak secara optimal sesuai dengan tahap perkembangannya, agar memiliki kesiapan memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.
2. Membekali anak dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap agar memiliki kemampuan untuk kehidupan di masa depan.

Untuk itu, DPA Malang diharapkan dapat menjadi wadah partisipasi dan perwakilan elemen anak di Kota Malang dan menjadi komponen penting dalam mewakili aspirasi anak-anak kota Malang di kancah nasional maupun regional. (Humas)

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on July 2, 2009, in My Life. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

ISA Study Abroad Student Blog

The World Awaits...Discover It.

MP3.com

Free music downloads, radio, lyrics, songs, and playlists

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~

%d bloggers like this: