Sebuah kenangan : Bali bersama Youth Forum


8 August 2009

BALI!

Yah… Bali. Welcome to the paradise of Bali!! We are in Bali, now! Believe or Not! It’s so beautiful, you know. Even this is not my first coming to Bali, (secondly) but I know, I know Bali is an amazing place for me. For everyone. The Beach. The air. The environment. The Culture. The people. The nation. Everything is smooth. Wonderful.

Sinar mentari di ufuk timur baru aja terbit ketika aku langkahkan kaki kecilku menuju restoran di lantai 2. Hall utama Inna Grand Bali Beach Hotel. Alhamdulilah, semalem bisa tisur nyenyak, meski masih numpang di kamar orang. Special thanks for you, Thi Ha Soe from Myanmar, and of course, Igor from Philippine. It’s very kind of you, guys.. Merekalah yang berjasa memberi tebengan kamar di Room 1822. Semalam adalah malam kedua aku sama riyan numpang di kamar 1822. Terpaksa banget, kami nebeng. Karena emang kami gak dapet jatah akomodasi. Kedatanganku untuk Kongres ini hanya sebagai Indonesian delegate yang dapet free registration, yang artinya transport plus akomodasi ditanggug sendiri. Beruntung, kemaren waktu check-in aku dapet temen yang baik, Thi Ha Soe dari Myanmar yang mau ngasih tebengan kamar. Tapi gimanapun juga, yang namanya numpang (apalagi di Hotel Bintang Lima) bener-bener gak enak. Gak Comfort. Sungkan. Apalagi mereka bule. Apalagi aku tuan rumah, dari Indonesia. So, aku harap malem tadi adalah malam terakhir aku numpang di kamar mereka. Bayangin aja, satu kamar yang mustinya buat 2 orang harus diisi 4 orang, satu bed diturunin hanya buat aku ma riyan. Haha.. Really, it was so Silly, you know.

So, menu dari breakfast gak jauh beda sama hari-hari kemaren. Tetep ada roti dengan porsi jumbo, aku tetep minta telur di koki, terus minum fresh milk. Biar sehat. Dari Restoran di lantai dua kita bisa ngelihat pemandangan sunrise pantai Sanur. Gak bagus-bagus amat sih, tapi lumayan. Nice enviroment. So, seperti kemaren-kemaren, di restoran Inna Grand lebih didominasi sama bule. Kebanyakan dari China and Taiwan. Sedangkan yang pribumi? Cuman aku sama Riyan. Haha.. So, sometimes we also speak english. (Maklum, situasilah yang memaksa kami untuk menggunakan Bahasa Inggris disini, meskipun kadang-kadang aku pake bahasa jawa kalo lagi ngerasani orang). Oya, satu hal lagi yang bisa bikin aku ketawa sampe detik ini adalah, ketika aku sama riyan, dengan sok banget ngomong pake bahasa inggris dengan keras, disaat kami lagi jalan-jalan di Sanur, dan entah kenapa para pedagang di disana bener-bener nyangka kalo kami berdua turis asing, so banyak dari mereka yang nawarin barang dagangan pake bahasa Inggris!! Haha… aku pengen ketawa banget waktu itu. Mereka tuh gak tau kali ya kalo aku ini orang jawa tulen. Apa mungkin mereka ngira kalo aku dari Korea atau Amerika??! Hahaahaha…

Well, kembali ke topik awal. Setelah menikmati breakfast, aku masih mutar otak, cari hotel or penginapan yang terdekat dari Sanur. Masalahnya adalah, budget yang kami miliki saat ini tidak lebih dari 1 juta. Padahal kami masih harus menjalani kehidupan di Bali selama 8 hari kedepan. Dan biaya hidup di Bali itu bisa dua kali lipat biaya hidup di Malang! Tiket pesawat kami buat balik ke Surabaya masih tanggal 16 Agustus pagi, sedangkan Kongres bakal berakhir tanggal 13 Agustus. Nah… Apalagi, hasil survey aku di daerah Sanur itu gak ada hotel atau penginapan yang murah. Disini kelasnya tinggi semua. Para bule eksekutif. Kamar diatas 500 ribu per malam. Kata temen-temen, kalo mau cari hotel atau penginapan yang murah, ada di daerah Denpasar. Well, padahal aku udah betah tinggal di Sanur. Tepatnya udah kadung betah tinggal di Inna Grand Bali Beach Hotel. Haha…

Oke, yang pasti, acara Kongres ICAAP kali ini adalah kongres yang gede banget, melibatkan lebih dari 2000 manusia dari 65 negara. Dan tempat acaranya gak hanya di satu tempat. Kebetulan untuk Pre Congress emang di Inna Grand, mulai tanggal 7-8 Agustus, tapi kongres utamanya bakal diadakan di Bali International Convention Centre, Nusa Dua. Kongres utama ICAAP akan berlangsung tanggal 9-13 Agustus 2009. Dan jarak dari Sanur ke Nusa Dua gak deket. Panitia udah nyediakan shuttle bus gratis untuk jam-jam tertentu buat antar jemput para peserta kongres.

Aku sih mikir simple aja. Kemungkinan terburuk kalo aku gak berhasil dapet hotel murah, aku bakal nekat stay di Inna Grand, mungkin dengan pindah-pindah kamar atau gimanapun caranya sampe tanggal 13. Baru setelah acara kongres selesai, kami akan check out and pindah ke daerah Kuta, cari hotel yang murah sambil menikmati indahnya Bali sembari menunggu tanggal kepulangan kami, 16 Agustus. Wah… pokoknya kesempatan langka ini gak bakal dateng dua kali, aku yakin. Yang pasti, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekalian menghadiri kongres internasional, sekalian wisata di Bali. Traveling. Refreshing, terbebas dari penatnya rutinitas. Hehehe..

So, hari ini adalah hari yang terakhir untuk Youth Forum. Para peserta Youth Forum kebanyakan anak SMA dari Bali and Indonesia. Ada juga beberapa youth dari Malaysia, Jepang, Korea, Myanmar, Kambodja, Brunei, Thailand and China. Pernah gak sih kebayang bakal kumpul bersama para bule? Bersama orang-orang dari berbagai negara dengan keahlian luar biasa yang mereka bawa masing-masing dari negeri asalnya. Sumpah. Amazing, Aku bersyukur banget pernah merasakan invorement forum internasional seperti ini. Kami bertukar banyak tentang budaya, adat, kebiasaan, pengetahuan dan segalanya. Ngomongnya pake bahasa inggris lagi. Meskipun bahasa inggrisnya belepotan, meskipun grammarnya ancur, but it’s ok. No problem. As well as we understand what we are talking about, it’s Ok. We get it! Jadi hal terpenting ketika kamu ngomong sama bule bukanlah kepintaran kamu dalam bahasa Inggris. Nilai 90 di rapot nggak akan menjamin kita bakal bisa speak English. Tapi kemampuan kita dalam mengolah kata-kata di bahasa inggris yang bisa bikin orang lain ngerti apa yang kita bicarakan, itulah poin pentingnya.

Well, kembali ke Youth Forum lagi. Oya, waktu makan siang aku sempet ketemu sama KAdek Ridoi, Pemimpin Muda Indonesia 2004 yang dua tahun lalu ketemu aku di kongres anak Jatim, Tulungagung. Aku juga sempet ketemu Pemimpin Muda Ind. 2009. Ade. Dan siang ini, Youth Forum seru banget acaranya. Kami dapet outbond yang keren banget. Nyanyi-nyanyi bareng. Gokil-gokilan bareng. Basah-basahan bareng. (Tentunya everything in English). Kami diuji buat kompak, saling kerjasama, ngelatih kesabaran, teamwork, logika, kecermatan, dll. Pokoknya seru abis dah. Tapi yang bikin aku paling nyesel adalah kelompokku gak dapet kesempatan buat rafting. Fiuhh.. ;/

Tapi, yang pasti, banyak banget pelajaran yang aku ambil selama 2 hari berada di Pulau Dewata. Apalagi malemnya acara free. Aku bisa ngobrol banyak sama temen-temen. Dan kebetulan malam ini ada welcoming party. Live show di depan pantai sanur di belakang Inna Grand Bali Beach Hotel. Ada suguhan live music, mulai musik kelas internasional, pop, jazz nyampe musik local sekelas dangdut, dan semua bule ikut berjoget ria. Seru banget yang pasti..

Menikmati hidangan lezat diantara ramainya semarak welcoming party. Tawa, canda, senyum bahagia, salam dan sapaan ramah. Pokoknya bersyukur banget Tuhan masih memberikan aku desahan nafas malam itu…

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on August 8, 2009, in My Life. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Wohooo senang rasanya ada yg mendokumentasikan youth forum icaap dlm blognya🙂
    Duh jadi malu aku ga sempat berbagi lewat tulisan…
    anywy, seru juga pengalaman pindah pindah kamar. Aku baru tahu loo….kalo gitu kan bisa diajak sm tmn2 forum anak daerah bali🙂
    Ditunggu lagi kehadirannya di bali yah
    Salam

Leave a Reply

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

ISA Study Abroad Student Blog

The World Awaits...Discover It.

MP3.com

Free music downloads, radio, lyrics, songs, and playlists

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~

