IFCW World Forum : Day 2

22 Okt 2009

IMGP3601
Kamar 1109, Millenium Hotel, Jakarta
Alarm HP berteriak-teriak. Masih jam 04.55. Suhu kamar lumayan adem. 22 derajat celcius. Riyan bobok disebelahku, setelah sempet tidur di bawah. (haha… gak tau kenapa, sungkan kali tidur satu bed sama gua!)
TV masih nyala. Ternyata mas antok udah bangun. Lagi nyiapin air panas buat mandi.

Akhirnya setelah aku menikmati mandi air panas yang rileks, kami menuju restoran di lantai satu buat breakfast. Restoran Hotel Bintang empat. Suasananya gak jauh beda sama hotel-hotel lainnya. Seperti biasa, aku selalu pillih fresh milk buat minumnya. Biar sehat. Dan ternyata ada salad sayur favoritku, dengan honey mayonaise.Hmmm… Maknyus!

Setelah perut puas, kami langsung ke lantai 3, Java Ballroom. Pembukaan International Forum on Child Welfare (IFCW) World Forum 2009 segera dimulai. Musik instrument gending gamelan bali menghiasi suasana pagi yang cerah. DI ballroom ini, baru kelihatan kalo ada acara forum internasional. Banyak bule berambut pirang duduk manis diantara para hadirin.
Dengan suguhan tari pendet sebagai pembukaan, Presiden IFCW akhirnya berpidato setelah Presiden YKAI (Ibu Lily Riliantono ) menyambut selamat datang para peserta konferensi.
ifcw
IFCW, merupakan Konferensi tahunan yang membahas tentang kesejahteraan anak di seluruh dunia. IFCW World Forum 2009 di Jakarta, Indonesia merupakan konferensi ke-20 yang sebelumnya diadakan di Wales, UK. Dengan tema ”Towards a Safer and Better wolrd by Realizing The Rights of The Child”, diI IFCW kali ini, ada beberapa topik yang dibahas. 5 primary sub-topic adalah :

1.Affective Future Communtiy Leadership in Developing a Safer and Better World
2.Child’s Rights and MDGs (7 and 8)
3.Changing Enviromental Threats into Opportunities for a Better World
4.Strengthening Family and community Empowerment
5.Media as a Partner in Promoting and Protecting Child Rights

Di hari pertama ini,seluruh perserta mengikuti Pleanry Session mulai dari Plenary A, yang bahas tentang tpik kesatu dan topic ketiga. Untuk topic kesatu, pembicaranya adalah Mr. Anis Baswedan, moderator acara Debat Presiden yang booming di TV beberapa waktu lalu. Lumayan, aku sempet foto bareng. Hehe.. Habis itu kami makan siang, yang dilanjutkan dengan Pleanry B, dengan topic kedua dan topic keempat.
Jujur, session plenary kali ini cukup membosankan. Entah karena faktor apa, yang pasti plenary session membuat beberapa peserta sempat tertidur sejenak sampai berakhirnya sesi….

Setelah Coffee Break, jam 15.30 kami para peserta youth forum mengikuti Break out session di 2nd Floor, Nusa Indah Room. Disitu kami bahas preparation untuk Video Conference, diskusi dengan kelompok masing-masing untuk bikin petition. Kelompokku dapet topik : “Media as a Partner in Promiting and Protecting Child Rights”

Setelah break untuk Sholat Maghrib, Para peserta Youth Forum makan malam di Japanese Restaurant di Lantai 2. Sajian khas masakan Jepang yang lezat membuat perut kami makin nggak tahan untuk segera menyantap hidangan, so pasti dengan supit. Chicken Katsu yang empuk, dengan saus kecap yang maknyus, ditambah dengan Salad Sayur plus Sayur Tahu yang oke banget.

After that, kami kembali ke Nusa Indah Room buat diskusi lagi. Kali ini Bang Iman, Pemimpin Muda Indonesia 2008 gabung di kelompokku. Dia adalah salah satu manusia yang pengen aku temui di Tahun 2009. haha… Kami udah kenal lama banget, tapi via YM and dunia maya. Dan aku bersyukur pernah ketemu sama bang iman. Dia emang anak yang aktif, pinter punya pikiran yang realistis dan sistematis dalam memandang suatu permasalahan.

So, waktu udah hampir menunjukkan pukul 21.30, semua peserta Youth Forum kembali ke kamar masing-masing. DI kamar 1109, aku belum ngantuk. Artinya, aku pengen keluar, menikmati Jakarta di Malam hari. (Meski ini adalah program ilegal, yang dilarang panitia, tapi masa bodo lah.. Hehe.. )

Aku, Riyan and mas antok keluar Hotel,menikmati suasana ibukota di malam yang pekat. Tapi Jakarta emang gak pernah tidur. Gak tau kenapa, di tengah jalan mas Antok gak jadi ikut. Dia kembali ke Hotel. Dan jadilah, aku and riyan terus jalan-jalan. Tujuan kami adalah cari minimarket plus warnet. Tapi setelah kami berjalan sekitar 1 km dari Hotel, warnet terdekat tutup. Andai saja waktu itu aku bawa Peta Jakarta, aku bakalan jalan terus sampe ketemu Bundaran HI. Foto-foto disana and mampir ke Plaza Indonesia. Tapi berhubung waktu itu aku gak bawa peta jakarta dan gak tahu bahwa Bundaran HI deket banget dari situ, SO, dengan terpaksa kami balik ke Hotel. Di perjalanan pulang, ada rumah kosong yang sepi plus angker banget. Suasananya aja bikin bulu kuduk berdiri. Riyan, yang dasarnya emang penakut (haha… sori, bro) narik-narik aku sambil lari. Haha… Lucu banget kalo udah ngliat Riyan ketakutan. Tapi sumpah, spot tadi emang cocok banget buat syuting film horor. Komplit dengan Pohon Beringinnya.
Sesampainya di Kamar 1109, aku rebahkan badanku untuk esok hari. It’s time to sleep…

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on October 22, 2009, in My Life. Bookmark the permalink. Leave a comment.