Kereta Supercepat Indonesia..



detik.com

Jakarta – Indonesia tidak lama lagi akan memiliki kereta api supercepat, mengambil rute Bandara Soekarno-Hatta-Jakarta-Cirebon-Bandung sepanjang 357 km. Namun kehadiran teknologi canggih seperti itu dirasa belum terlalu perlu dimiliki Indonesia.

“Saya rasa belum terlalu perlulah untuk sekarang ini,” kata pengamat transportasi Agus Pambagio saat dihubungi, Kamis (7/1/2010).

Agus memprediksi terlalu banyak hambatan yang bakal dihadapi jika Indonesia ngotot membangun kereta api ini. Bantalan rel yang sudah ada di lintasan dipastikan harus diganti.

“Yang sekarang kecepatan tertinggi 120 km/jam. Itu pun dengan catatan tidak ada baut yang dicuri,” kata Agus.

Pembebasan lahan harus segera dilakukan untuk membangun rel yang baru. Dan menurut Agus, ini bukanlah persoalan yang mudah.

Selain itu, Agus juga memprediksi tarif yang akan dikenakan sangat mahal. Ia berharap pemerintah lebih dulu memperhatikan infrastruktur transportasi lebih dulu dibandingkan membangun kereta api.

“Infrastruktur kita dululah yang dipenuhi,” tegasnya.

Megaproyek kereta api supercepat itu 100 persen penanaman modal asing. Memorandum of Agreement (MoA) telah diteken di Los Angeles.

15 Perusahaan asing membentuk konsorsium dan menandatangani MoA proyek kereta api supercepat yang dinamai Hydrogen Hi-Speed Rail Super Highway (H2RSH) senilai US$ 3 miliar atau sekitar Rp 30 triliun. Kereta supercepat ini akan mengalahkan kecepatan dan kecanggihan shinkansen, bullet train dari Jepang, maupun kereta supercepat di Paris, Prancis.

Moda transportasi modern ini akan beroperasi dan memberi keuntungan/keunggulan jika dibandingkan dengan moda generasi sebelumnya seperti shinkansen (bullet train dari Jepang). Keuntungan tersebut antara lain terkait biaya konstruksi yang lebih murah (US$ 10 juta/mil sedangkan moda konvensional sampai US$ 36 juta/mil), break event point diperkirakan hanya 2 tahun sedangkan moda konvensional sekitar 50 tahun, berbeda dengan moda konvensional yang hanya mengangkut orang moda transportasi baru tersebut juga dapat dipergunakan untuk mengangkut barang (freights dan automobiles)

H2RSH juga memberikan alternatif transportasi yang efektif mengingat dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih cepat sehingga diperkirakan dapat menghemat waktu ke tempat tujuan. Selain itu, H2RSH memberikan kentungan ekonomis dikarenakan selain berfungsi sebagai moda transportasi dapat menghasilkan energi yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan energi daerah tertentu, seperti tenaga listrik, air bersih, dan lain-lain.

(mok/nrl)

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on January 10, 2010, in Article, Tourism. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

ISA Study Abroad Student Blog

The World Awaits...Discover It.

MP3.com

Free music downloads, radio, lyrics, songs, and playlists

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~

%d bloggers like this: