Kongres Anak Jatim 2010


SEMANGAT. Apa yang kalian tahu dari kata “semangat” ?? Mungkin sepele emang, tapi ternyata semangat punya arti besar yang mungkin bakal ngerubah hidup seseorang. Mungkin kalo di Film Laskar Pelangi, “mimpi” adalah kunci yang buat para anggotanya buat menaklukan dunia.

Nah, seperti halnya Pak Ir.Soekarno yang 30 tahun lalu berada di tempat ini, beliau dapet insipirasi untuk membangun negeri ini, ternyata aku juga dapet banyak inspirasi disini. Di ketinggian 1200 meter dpl, dengan suhu udara sejuk (adem banget malah) skitar 15-25 drajat celcius, SELECTA, Batu menyajikan panorama dan keindahan yang mempesona buat para pengunjungnya. Satu hal yang buat aku bersyukur kuadrat adalah, kehadiran aku di tempat ini adalah suatu hal yang gak disengaja.

Feedback ke beberapa hari yang lalu, aku ketemu sama rombongan Bu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bu Linda Gumelar yang lagi buka acara di Univ.Muhammadiyah Malang. Nah, kebetulan ini pertemuan aku yang kedua sama bu Menteri buat minta dukungan untuk acara International AIDS Conferene 2010 di Wina, Austria. Nah, gak disangka banget tiba-tiba mobil RI 38 berhenti waktu udah meninggalkan area. Bu asisten menteri tiba-tiba minta aku sama Bu Wien ke mobil.

Dan tiba-tiba, Bu Menteri tanya aku -> “Gimana nak, jadi berangkat kapan?”

“Saya berangkat tgl 12 juli bu” (nervous mode on)

“Udah dapet tiket pesawat kan?”

“Alhamdulilah sudah bu”

“Ya udah, tolong membawa nama baik negeri ini ya? (sambil ngasih amplop ke aku)

“Iya ibu… Trima Kasih” (Nervous kuadrat mode on)

Nah, pas di mobil, dengan nderedek aku buka amplop tadi. Sempet feeling gak enak soalnya tipis banget amplopnya, tapi ternyata …

Wow! Tiga lembar duit 100 dolar bersemayam di dalamnya! Alhamdulilah, lumayan lah 300 dolar buat sangu ke Austria ! Nah, disaat itu juga aku diminta sama Bu Sukesi (Kepala BKKBN Jatim) buat jadi fasilitator tambahan Kongres Anak Jatim 2010 di Hotel Selecta, Batu.

Hmm,, bukannya sok pamer ato apalah gitu,, yang pasti aku dapetin dua hikmah hari ini.

Yang pertama, ternyata usaha aku yang super berat (hanya dengan dibekali semangat dan pengorbanan waktu, tenaga dan sdikit uang, terjawab sudah). Masih inget banget waktu girangnya aku dulu pas tengah malam, nyampe bangunin bokap nyokap karena pas buka email ada notification dari Swiss kalo aku dapet scholarship buat Kongres AIDS di Vienna, Austria. Trus sempet patah smangat juga karena acara di Austria barengan ama preparation buat exchange ke Amerika.  Trus sempet juga kegirangan lagi waktu panitia AIDS 2010 telepon ke rumah malem-malem dan sempet dikirain  orang gila karena geje (apalagi yang angkat telfonnya waktu itu kakak ku yang bahasa inggrisnya cuman bisa ngomong “yes no yes no” doang!). Trus belum lagi ribetnya bikin proposal, surat ke bu menteri dan nguber-nguber acara bu menteri buat minta dukungan uang tiket pesawat. Pokoknya,, beratt banget perjuangan aku waktu itu.

Hikmah kedua adalah,, di tempat ini. Aku gak bakal bayangin ada disini kalo gak diminta sama Bu Sukesi  buat jadi fasilitator tambahan acara Kongres Anak Jatim 2010. Emang sih, taun alu aku juga sempet jadi fasilitator Konres Anak JAtim 2009 di Htel Utami, tapi kali ini event nya beda. Semua NGO di Jatim sepakat buat ngadain satu macem acara forum anak di tingat propinsi untuk pemilihan duta anak yang ntar dikirim ke Kongreas Anak Nasional di Bangka Belitung. Kalo taun lalu, birokrasinya masih agak ribet soalnya ada 2 macem forum anak di Jatim.

Nah,, sekarang balik lagi ke SEMANGAT tadi.

Kemaren pagi, waktu ada sesi materi dari Pak Joko (Konsultan pendidikan di DInas Pendidikan Propinsi) , beliau nyajikan materi yang bagus banget tentang pendidikan di Indonesia.  Kalian tau gak, berapa jumlah jam belajar di sekolah Singapore ?? 900 jam setaun. Malaysia? 1200 jam setahun. Nah, kalo Indonesia ?? 1400 jam setahun ! Tapi hasilnya ?? Pasti bisa ditebak, Singapore pasti yang menang. Karena apa? Karena kualitas pendidikan di negeri ini masih rendah banget kualitasnya. All about quantity. Not Quality. Film Laskar Pelangi kayaknya emang film yang bagus banget buat nunjukkan representatif kondisi pendidikan di negeri ini. Aku jadi inget, waktu acara Rossy di Global TV, di Jakarta ada anak TK yang rela jalan 10 km dari rumahnya dianter ama ibunya hanya karena dia pengen sekolah ! Rumahnya terpencil banget makannya dia ama ibunya harus lewat jalan tol dan jalan kaki tiap harinya sejauh 10 km PP !! Nah,, salut banget aku ama anak-anak Indonesia yang punya semangat dan perjuangan luar biasa buat ngejar mimpi mereka.

Kalo ngomongin masalah republik ini, kayaknya ga bakal tuntas. Makannya aku cuman pengen share aja, bahwa sebagai anak muda harapan bangsa, kita musti punya harapan dan cita-cita. Tentuin target hidup kedepan buat ikut andil dalam pembangunan negeri ini. Karena kalo aku liat dari pserta kongres anak jatim yang walaupun berasal dari daerah-daerah, tapi mereka punya andil dan semangat yang luar biasa buat berpartisipasi membentuk suatu hal yang bermanfaat di komunitas mereka. Apapun itu bentuknya. Entah terlibat OSIS di sekolah, atau ikut komunitas peduli lingkungan, bakti sosial ke desa terpencil atau apalah. Yang pasti, semua hal kecil yang bisa lakukan buat temen-temen kita dan buat rang lain yang membutuhkan.

Aku juga ngcapin SELAMAT buat kalian yang terpilih jadi Duta Anak Jatim 2010. Perjuangkan semua yang udah kita share selama di Selecta buat Kongreas Anak Nasional tahun ini. Dan buat kalian yang belum dapet kesempatan ke Babel, jangan patah semangat. Inget apa kata-kataku kemaren (ceilee..) bahwa kita masih muda, masih banyak banget kesempatan diluar sana, dan teruslah berjuang membentuk komunitas dan langkah-angkah bermanfaat lainnya yang bisa membuat anak-anak Indonesia tersenyum nantinya.

Salam Anak Indonesia!

Selecta, 25 Juni 2010

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on June 25, 2010, in My Life. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. SEMANGAT !!!! dan kayanya kongres th 2011 ntar ga ada ‘senior-nya anak’ nih😛

    • hadiansyahaktsar

      wah, baru nyadar kalo aku dulu pernah nulis ini. jiahaha, good luck yah buat Kongres Anak tahun ini. Salam buat anak2 Jatim! SMANGATT!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

ISA Study Abroad Student Blog

The World Awaits...Discover It.

MP3.com

Free music downloads, radio, lyrics, songs, and playlists

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~

%d bloggers like this: