Catatan Tengah Malam


Gue ngelindur.

Gak juga sih. Gak bisa tidur tepatnya.

Tadi baru aja mau tidur,udah pewe (posisi wenak) merem dan udah sdikit terjun ke alam mimpi, tapi tiba-tiba kebangun. Kebelet pipis. Dan gak bisa tidur lagi. Akhir-akhir ini insomnia gw kumat. Walaupun insomnia gw di Amrik baru mulai bereaksi setelah dua bulan gw tinggal disini. Dan sperti biasa, tiba-tiba gw dapet ilham (alias inspirasi) buat nulis.

Gw gak punya diary. Karena emang gw orangnya gak suka nulis, disamping tulisannya jelek. Gw jauh lebih cinta ama laptop butut Axioo yang gw bawa dari Indo. (Butut karena lemotnya minta ampun dan keyboardnya udah mulai eror, disamping LCDnya udah pernah pecah dua kali) :p Dan disini, di blog gw inilah catatan2 istimewa akan tertuang entah sampai kapan nanti..

Sengaja gw nulis pake bahasa indonesia gaul soalnya kali ini gw mau bicara soal budaya. (Bicarain orang Amrik) dan biar mereka gak ngerti kalo lagi digosipin disini.

Entah kenapa,tiba-tiba malem ini gw kepikiran tentang ‘sesuatu’. Semua kegelisahan, kekhawatiran, concern dan segala macem suudzan yang dibawa sebagian besar orang Indonesia (temen2 exchange students terutama orang tua mereka) tentang budaya barat yang bebas, glamor dan radikal itu sdikit demi sdikit terungkap. Gw disini belum terlalu lama, kalo gak salah masih dua setengah bulan (males ngitung hari karena gw enjoy hidup dsini) dan belum terlalu bnyak ‘pengalaman aneh’ yang gw alami. So far wajar-wajar aja. Tapi jujur, budaya barat emang beda banget ama budaya timur. Tapi bukan berarti disini orang bebas sebebas-bebasnya. Bukan berarti anak-anak SMA di Amrik bebas pake tanktop ke sekolah, atau mungkin ciuman bahkan ngesex kayak di film-film. Semua pasti ada batasannya. Dan yang membedakan budaya timur ama barat adalah batasan itu sendri. Apa yang dipandang baik atau buruk, sejauh mana tabu atau tidak tabu. Semua emang beda, tapi beda bukan berarti buruk.

Di sekolah gw, ada school appropriate alias batasan kostum yang harus dipakai (buat cewek gak boleh terlalu ngelihatin buah dadanya). Dan waktu ada anak ciuman di parking lot, mereka ditegur ama guru karena itu emang gak appropriate. Gak pantes. Apalagi kalo di sekolah. (Waktu gw jalan di Swiss selama sehari, gw nemu skitar 5 pasangan ciuman di pinggir jalan / restoran, sedangkan dua bulan di Amerika gw baru ngliat 2 pasangan ciuman di tempat umum, itupun salah satunya ditegur). Haha… Bicarain soal Eropa and Amrik, juga Legal Age buat minum. Kebanyakan di Eropa (German and Prancis khususnya), legal age buat minum alkohol 16 tahun dan di Amerika 21 tahun.

Masih di sekolah. Kata-kata kotor. Di Indo, gua biasa banget ngomong “Shi**” atau “Fu**” karena emang itu gak bermakna apapun di Indonesia. Kalo disini? Dan gw jadi kebiasaan risih kalo ada suka ngumpat kata-kata itu. Karena emang gw gak suka kalo denger orang ngumpat. Dan bicara soal kata-kata kotor, kemaren temen exchange gw dari Turkmenistan tanya ama Mohib dari India,

“Bahasa Indianya “Fu**” apaan?”

“Gak ah. Nggak baik.”

“Wow.. kamu anak yang baik ya, gak mau bicara kotor?”

“Iya, aku pengen jadi anak yang baik.”

Pembicaraan itu simple. Tapi maknanya dalem banget buat gw. Disinilah lu bisa mutusin, mau ke arah mana jalan hidup lo. Lo mau jadi anak baik. Atau jadi anak yang gak baik. Dan kalo emang lo udah niat beneran buat jadi anak yang baik, Insyaallah seburuk apapun keadaan sekitar lo, lo gak akan terpengaruh dan terbawa arus.

Gw jadi inget waktu Harry Potter mutusin buat masuk Hogwarts. Padahal Topi Seleksi udah kasih dia iming-iming bakal jadi penyihir sukses kalo dia masuk Slytherin. Tapi Harry gak mau masuk Slytherin. Dia pilih Gryfindor karena dia pengen jadi anak yang baik. Dan kasus gw hampir sama kayak gitu. Di dalem diri gw ada 2 sisi yang bener2 beda dan bertolak belakang. Gw bisa aja jadi anak yang baek, penurut, rajin dan alim. Tapi disisi lain gw bisa jadi pemberontak, anak sombong yang cuman peduli ama dirinya sendiri dan ngelakuin apapun semaunya sendiri tanpa pikir panjang. Dan bahkan gw bisa jadi orang paling buruk yang sebenernya bukan diri gw. Pengalaman hidup gw udah buktiin semua itu.

Gw bersyukur banget ada disini. Gw bnyak belajar hal-hal baru dan ngehadapin dunia baru yang gak pernah gw bayangin sebelumnya. Dan itu semua ngebuat gw lebih “ngebuka mata”, lebih “open minded” dan akan terus belajar dan memahami tentang arti kehidupan sesuai misi utama gw dari dulu. I’m sure it’ll be the best year of my life.

Kangen? Gak juga sih. Maaf banget yah buat mama di rumah, aku emang sengaja gak terlalu sering telfon biar mama juga bisa tetep bahagia meski gak ada aku. Suatu saat nanti kita harus berpisah dan mama harus mulai terbiasa hidup bahagia tanpa ada aku di rumah. Sori juga buat cewek gw, sengaja gw gak sering telfon juga bukan karena gw selingkuh ama cewek laen disini lho! (ngomongin soal selingkuh, udah ada beberapa cewek yang flirting ama gw!) . Yang paling parah, cewek aneh yang waktu lunch sukanya kasih ciuman jarak jauh ke gw dan sempet nyium pipi gw waktu gw lagi buka loker!๐Ÿ˜€

Dan sekali lagi,gw tetep pengen kayak Mohib dari India. Yang menjadi anak yang baik. Dan semoga saya akan menjadi anak yang baik!

Bye and Selamat Malam Dunia!

Kamar gue, 01.33 am

PS : Gambarnya sengaja gw setting gitu karena dsini lagi fall. Daun-daun pada brubah warna. Sekarang 8 drajat celcius diluar. (Gue gak sabar buat winter!)๐Ÿ™‚

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on October 18, 2010, in My Life. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

ISA Study Abroad Student Blog

The World Awaits...Discover It.

MP3.com

Free music downloads, radio, lyrics, songs, and playlists

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~

