Prom Night Amerika: Lebih dari sekedar kencan semalam!


Salah satu ‘the most wanted thing to do‘ bagi anak muda di Amerika adalah : Prom Night. Dan gue sebagai seorang  foreign exchange student dari Indonesia, Prom adalah salah satu kesempatan langka sekaligus berharga buat dijalanin. Lagian, gw udah siapin tuxedo dari Indonesia sengaja buat acara-acara khusus selama di Amrik dan Prom salah satunya.

Ternyata keputusan buat beli tuxedo di Indonesia adalah pilihan yang tepat. Karena kalo beli tux disini, harganya bisa dua kali lipat. Sewa aja mahal, apalagi beli. Nah, bersyukur karena gak perlu rogoh kocek lagi buat beli Tuxedo akhirnya gua nyusun anggaran lain buat persiapan Prom. Maklum, Prom Night emang bukan acara sembarangan. Prom yang berasal dari kata Promenade yang artinya “jalan-jalan” lebih mengarah ama acara malam perpisahan siswa-siswi senior di Amerika. Biasanya cuman anak-anak kelas senior plus junior aja yang boleh dateng ke acara ini. (SMA di Amerika ada 4 kelas : Kelas 9 (Freshman) ; Kelas 10 (Softmore) ; Kelas 11 (Junior) ; Kelas 12 (Senior).

Sesuai tradisi, biasanya di acara Prom bakal ada ball (pesta dansa) dan banyak anak-anak yang nge-dance berpasang-pasangan. Anak-anak cowok biasa pake tuxedo (jas resmi) berdasi, yang cewek juga pake formal dance. Bagi mereka yang datang berpasangan, biasanya di dada cowok n cewek ada corsage (rangkaian bunga warna yang disesuain ama warna dress mereka). Sebelum berangkat ke tempat Prom, biasanya mereka berpasang-pasangan bareng temen lain dinner di suatu restoran. Nah, dari restoran biasanya mereka sewa Limousine yang bakal bawa mereka ke tempat Prom. Hanya saja, Limou ini disewa hanya bagi mereka yang berkantong tebal alias anak orang kaya. Malah, ada beberapa temen tajir gw yang lebih memilih buat bawa (baca: nyetir) sport car atau sejenisnya buat jemput cewek mereka untuk makan malam dan langsug cabut ke tempat Prom.

Gw pribadi, waktu itu udah ngajak satu cewek temen sesama exchange student dari Jerman. Namanya Kerstin Brinkmann. Dia cewek yang baik, menyenangkan dan yang pasti -> Gokil. Apalagi kami punya beberapa kelas yang sama di sekolah, jadi dia lumayan deket ama gw. Karena gw adalah cowok dan berarti gw harus ngebiayai semua makan malam, transport dan tetek-bengek kencan malam itu. Jadinya untuk kencan khusus kali ini gw udah menganggarkan duit sebesar US$ 130! Maklum, kencan itu gak pernah murah, bung! HAHAHA😀 Apalagi ini acara besar, dan gak setiap hari lo bakal pergi ke Prom kan?? Kalo dipikir-pikir, bego juga sih gw karena ngebuang duit lebih dari sejuta rupiah buat seorang cewek yang bukan pacar loe! Aneh, kan??! -____-”

Jadinya, rombongan kami makan malem di salah satu restoran Steak bergengsi di Amerika : Texas Road House. Restoran ini bergaya Amerika bagian selatan (namanya juga Texas!). Jangan heran kalo di dalem banyak dekorasi-dekorasi dan ornamen cowboy, country music dan yang paling unik : pengunjung bisa makan kacang goreng sepuasnya dan kulitnya bisa dibuang sembarangan di lantai restoran. Gw lupa pesen apa tadi yang pasti setelah makan kami langsung cabut ke Grand Wayne Center tempat Prom akan digelar. Wait, sebelum masuk ke Grand Wayne, photo session adalah momen terpenting! Bagaikan group superstar dan orang-orang keren yang jalan diatas red carpet, kami dipotret ama fotografer-fotografer profesional. Nah, sekali lagi. Ini momen spesial. Gak tiap hari kan elo berlaga kayak orang penting pake baju keren kayak gini?? Some of my friends said: Photo session kali ini lebih mirip pre wedding! -_____-

Sekitar jam 8:00pm open gate di Grand Wayne udah dimulai. Semua siswa/i senior dan junior dari Carroll High School udah pada antri dateng. Ada yang nyetir sendiri mobil mereka, ada yang sewa Limousine ada juga yang naek taksi. Tempatnya keren banget lagi. Jadi keinget Conference Center di Wina, Austria waktu gw kongres AIDS taun lalu. Sebelum masuk ke hall, kami absen dulu. Ada pak satpam yang jaga di pintu sambil jaga-jaga ngecek anak-anak cowok yang keliatan lagi teler. Jadi si pak satpam pegang alat khusus kayak pengukur suhu tubuh yang bakal dimasukkan ke mulut murid dan bakal nunjukkin mereka lagi mabuk apa gak. Biasalah, ini kan Amerika, anything could be happen. Jadi mereka suka antisipasi!

Di dalem, gw ama pasangan gw -> Kerstin langsung menuju lantai dansa alias dance floor. Kami nge-dance dan menggila bersama diantara dentuman musik yang diramu oleh abang DJ. Ada beberapa couple yang gw kenal. Salah satunya adalah sahabat gw : si David Salway yang kali ini malah ngajak Bethany, bukannya mantan pacarnya Alyson White! hahaha😀 Pasangan yang paling menggila waktu itu adalah si Lauren (yang gosipnya dulu pernah naksir gw di kelas US History) dan ternyata sekarang malah nge-dance liar ama cowok yang jadi temen sekelas gw di Algebra Class.

Satu lagi, salah satu pasangan paling fenomenal yang pernah gue kenal selama di Amerika adalah -> Kaleb Ehrman ama Derin Kyle. Mereka adalah pasangan gay dan temen gw satu group di Minstrel Magic Show Choir. Ajaibnya, di prom ini mereka berdua bawa cewek masing-masing. Tapi di dalem hall, dua cowok ini kelihatan mesra-mesra aja tuh. hehehe :p

Di tengah-tengah acara, ada pengumuman Prom King and Queen yang terpilih. Mereka yang terpilih naek ke atas panggung dan dapet penghargaan kayak topi raja buat King dan mahkota buat Queen-nya. Terus acara balik lagi ke DJ dengan musik-musik Club, House, Dance dan Progressive. Kadang-kadang waktu slow dance, gw ama si Kerstin pelukan dan berlaga mesra-mesraan kayak pacaran gitu. Hahaha, jujur awalnya sih berasa awkward dan nervous, tapi untungnya karena gw udah di Amrik hampir selama setahun jadi kayak beginian mah bukan perkara susah! LOL (sori ya cewek gw yang di Indonesia, JANGAN CEMBURU! Abang begini cuman sebentar aja kok. Sumpah!)😀

Setelah puas nge-dance plus nge-date bareng si cewek jerman dan walaupun DJ-nya ga sekeren waktu Semi Formal dance di sekolah pas musim gugur taun lalu, yang pasti Prom Night pertama sekaligus Prom Night terakhir gw di Amerika ini meninggalkan kesan yang spesial buat gw. Ternyata emang gak semua yang kalian liat di film-film itu semuanya nyata. Film dan Sinetron itu kan emang sukanya menipu!

Kesimpulannya adalah Prom Night itu gak seaneh dan setabu yang kalian bayangin walaupun pasti banyak oknum dari temen gw yang ngelakuin hal-hal aneh setelah Prom. Itu urusan mereka lah! Hahaha..😉

Posted on May 14, 2011, in My Life and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

ISA Study Abroad Student Blog

The World Awaits...Discover It.

MP3.com

Free music downloads, radio, lyrics, songs, and playlists

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~

