Welcome to Ramadhan Month…


ramadhan
Ramadhan.

Hah! Ramadhan? Sumpah, aku bahkan sempet nggak percaya, bahwa aku akan berjumpa lagi dengan bulan penuh rahmat itu. Setelah urusan duniawiku berjalan seindah yang aku harapkan selama ini-dan aku sempat terbuai sejenak dengan segala semua itu-tanpa sadar, besok aku akan bertemu dengan bulan suci ramadhan. Bulan penuh berkah, rahmat, ampunan dan segalanya.

Dulu,waktu aku masih kecil (baca: anak-anak), aku selalu seneng banget kalo udah ketemu bulan ramadhan. Karena sensasi dan invorement sekitar bulan ramadhan berbeda dengan hari-hari biasa. Semua umat islam melakukan ibadah yang sama : puasa. Mendapat tugas berat untuk menahan hawa nafsu dan segala yang membatalkan puasa, dan itu nggak mudah. Sampai akhirnya para umat islam sama-sama mencapai puncak kemenangan, dimana saat itu nggak ada rasa yang paling indah selain bersyukur pada Tuhan, mengucapkan Takbir kemenangan, saling bermaaf-maafan, saling bersilaturahmi, dan segalanya. Apalagi tayangan-tayangan iklan televise yang memberikan suguhan indahnya makna puasa dan beribadah di bulan ramadhan, sholat tarawih bareng-bareng temen sekampung, sahur dan buka puasa bersama keluarga, pokoknya di bulan ramadhan aku menemukan banyak hal yang nggak akan aku temukan di bulan lainnya. Inilah yang aku suka. Sebagai umat islam, kita patut bersyukur bisa menghirup kembali udara ramadhan 1430 H kali ini. Apalagi (menurut pengajian yang aku ikuti), ada 3 hal pokok di bulan ramadhan yang menjadi poin utama beribadah :

– 10 hari pertama ramadhan adalah datangnya rahmat
– 10 hari kedua ramadhan adalah pengampunan dari segala dosa
– 10 hari ketiga ramahan adalah pembebasan dari api neraka

Nah, kini, tiba saatnya aku untuk kembali ke duniaku yang sesungguhnya. Dimana duniawi, ragawi dan rohaniyah bisa berjalan selaras, dimana aku bisa mendekatkan diri kepada Tuhan dan sejenak meninggalkan rutinitas yang menjemukan.

selamat puasa
Semoga, bulan ramadhan kali ini bisa memberikan aku inspirasi, hikmah, makna dan pelajaran berharga dala menyikapi dan menjalani kehidupanku kedepan, sebagai sosok baru yang lebih baik. Semoga…
“Marhaban ya ramadhan….”

About Hadiansyah

Seorang anak manusia yang terlahir di bumi arema. Menyukai banyak hal, tantangan dan pecinta kereta api. Kiprahnya di dunia anak-bertekad memperjuangkan hak dan eksistensi anak-tak luput dari teater yang bisa membesarkan namanya. Suka berpetualang-tentunya naik kereta api-membuat bocah berhobi traveling ini bisa membuka mata dan menikmati indahnya dunia. Aktif di dunia jurnalis, sosial dan organisasi lainnya. Kelak ia ingin menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan dunia...

Posted on August 21, 2009, in My Life. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Putu Wijaya

Bertolak Dari Yang Ada

Website Dewan Perwakilan Anak Kota Malang

"Because We Care of the Child"

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

The ISA Journal

Anecdotes and tales from ISA students and the latest news in study abroad

Hadiansyah Aktsar Official Site

More than just a blog : a pen, diary and imagination ~